proposal usaha donat kentang



DONAT KENTANG
PROPOSAL
Disusun sebagai Ujian Akhir Semester/UAS
Matakuliah Enterpreneurship

Oleh :
SYARIFAH
1401036061

MANAJEMEN DAKWAH
FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI
UIN WALISONGO SEMARANG
2016


I.                   LATAR BELAKANG

Bisnis waralaba kini telah menjamur di Indonesia. Perkembangannya yang pesat mengindikasikan sebagai salah satu bentuk investasi yang menarik, sekaligus membantu pelaku usaha dalam memulai suatu usaha sendiri dengan tingkat kegagalan yang rendah. Meski bisnis waralaba yang ditawarkan semakin beragam, namun untuk menjatuhkan pilihan terhadap bisnis waralaba secara tepat, terkadang mengalami kesulitan. Padahal pilihan awal akan sangat menentukan. Ada hal mendasar dalam menentukan pilihan. Paling tidak bidang usahanya stabil dan berprospek serta track record pewaralaba (franchisor) baik dan berpengalaman.

Semakin bertambahnya zaman semakin bertambah pula penduduk yang menempati bumi dan yang pasti kebutuhan semakin bertambah sumber daya alam semakin berkurang. Lapangan pekerjaan yang di sediakan oleh pemerintah semakin berkurang. Masyarakat di tuntut mampu berinovasi dengan apa yang ada sekarang dan zaman yang semakin berkembang. Salah satu bentuk inovasi yang mampu menarik konsumen adalah donat yang terbuat dengan bahan dasar kentang.

Apabila biasanya donat itu dibuat menggunakan bahan tepung, sekarang sudah ada metode baru dengan menggunakan kentang. Otomatis harga pokok produksi pun akan turun, di mana harga tepung lebih mahal, khususnya tepung yang berkualitas, sementara untuk mendapatkan kentang Anda bisa membayar lebih murah. Selain itu, ternyata rasa dari donat yang dibuat menggunakan kentang ini tidak kalah enak dibandingkan dengan donat yang dibuat dengan menggunakan tepung premium. Asalkan pengolahannya tepat dan bahan racikan digunakan dengan jumlah yang tepat, tidak berlebihan maupun tidak kurang. Donut yang terbuat dari bahan dasar kentang juga memiliki tekstur yang lebih lembut dari donut biasanya yang terbuat dari tepung.

      Keunggulan-keunggulan yang dimiliki donat kentang menjadikan saya tertarik untuk mampu mengembangkan usaha ini. Dengan harga produksi yang terhangkau dan rasa yang tak kalah lezat dengan donat biasanya. Serta dengan di tambah berbagai rasa dan varian toping yang beragam menjadikan prospek dari usaha ini menjanjikan.

II.                TUJUAN
·         Mencari keuntungan/laba
·         Mencapai target penjualan.
·         Menciptakan lapangan pekerjaan
·         Menciptakan inovasi usaha baru yang sehat
·         Membuat jenis makanan berkualitas yang di sukai masyarakat.
·         Mengembangkan kemampuan bisnis dan menciptakan kemandirian.

III.             KEUNGGULAN PRODUK
·         Memiliki berbagai macam bentuk
·         Menggunakan berbagai macam toping
·         Bahan produk yang terjamin berkualitas dan higeinis
·         Biaya produk yang lebih murah

IV.             ANALISA SWOT
Kegiatan usaha dalam bidang apapun tidak terlepas dari pengukuran kemampuan perusahaan terhadap lingkungan atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:
1.      Strength (kekuatan)
·         Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat.
·         1(satu) produk terdiri dari beberapa macam bentuk dan rasa
·         Bahan produk yang terjamin berkualitas dan higeinis
2.      Weakness (kelemahan)
·         Tidak tahan untuk waktu yang lama
·         Mudah di buat sehingga mudah di tiru
3.      Opportunity (peluang)
·         Tempat strategis
·         Fasilitas yang cukup memadai
4.      Threat (ancaman)
·         Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah

V.                ANALISA 4P
1.      Product (produk)
Produk yang di jual adalah “Donat Kentang” yang merupakan jajanan setiap hari dengan berbagai varian toping.
Resep donat kentang :
Bahan baku
a.       500 gram tepung terigu protein tinggi
b.      1/2 sendok makan (6 gram) ragi instan
c.       35 gram gula pasir
d.      15 gram susu bubuk
e.       1/2 sendok teh baking powder
f.       150 gram kentang kukus, dihaluskan
g.      1 butir telur
h.      115 ml air es
i.        30 gram margarin
j.        1 sendok teh garam
k.      minyak goreng, untuk menggoreng.
Bahan Toping:
a.       coklat
b.      misis seres
c.       vanilla
d.      tiramisu
Cara Membuat Donat Kentang:
1.      Campur tepung terigu, ragi instan, gula pasir, susu bubuk, dan baking powder sampai rata. Tambahkan kentang. Uleni rata.
2.      Masukkan telur dan air es sedikit-sedikit sambil diuleni sampai kalis. Tambahkan margarin dan garam. Uleni sampai elastis. Diamkan 15 menit.
3.      Kempiskan adonan. Timbang masing-masing 30 gram. Bulatkan. Diamkan 10 menit.
4.      Pipihkan adonan. Lubangi tengahnya. Letakkan di loyang yang ditabur tipis tepung terigu. Diamkan 45 menit sampai mengembang.
5.      Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang. Dinginkan.
6.      Oles donut dengan berbagai varian toping.
Dalam sehari kami memprediksi dapat membuat dalam kapasitas 50 kotak donat sama dengan 200 biji donat, 1 kotak berisi 4 donat dengan berbagai rasa dan varian toping.
2.      Price (harga)
Harga perporsi RP 10.000,00 terdiri dari berbagai rasa dan toping, harga tersebut terbilang relatif murah dan terjangkau
3.      Promotion (promosi)
Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat baik secara langsung maupun melalui social media seperti facebook, twitter, BBM, WA dll. Menerima order delivery, pemberian promo pada setiap pembelian 5 porsi.
4.      Place (tempat)
Tempat yang dipilih yaitu Jalan Prof Dr. Hamka no.12 di depan kampus III UIN Walisongo Semarang, karena letaknya cukup strategis dan mudah di jangkau masyarakat (konsumen) 

VI.             ASPEK SUMBER DAYA
Untuk dapat menjalankan usaha ini saya di bantu oleh 3 tenaga kerja yang akan membantu dalam hal pembelian bahan baku, proses, produksi dan pemasaran.

VII.          ASPEK KEUANGAN
1.      Aspek modal
(a)    Bahan baku untuk 50 porsi perhari
No
Jenis pengeluaran
Satuan
Jumlah
Harga satuan (Rp)
Total (Rp)
1
tepung terigu protein tinggi
Kg
2
9.000
18.000
2
ragi instan
pcs
 3
1.000
3.000
3
Gula pasir
Gram  
140
4.000
4.000
4
Susu bubuk
Gram
  60
5.000
5.000
5
Baking powder
pcs
1
1.000
1.000
6
Kentang
Gram
600
12.000
12.000
7
Telur
Biji
4
         1.500
        6.000
8
Margarin
pcs
2
8.000
16.000
9
Garam
pcs
1
2.000
2.000
10
Minyak goring
Kg
3
14.000
42.000
11
Coklat
Batang
1
13.000
13.000
12
Misi sseres
Pcs
3
10.000
30.000
13
Gula bubuk
Pcs
3
10.000
30.000
14
Tiramisu
Pcs
3
10.000
30.000

Total



199.000

Keterangan :
Produksi dan biaya


Produksi perhari
50 kotak (200 donat kentang)

Produksi perbulan (30)
1500 (6000 donat kentang)

Biaya bahan baku per hari donat

Rp 199.000
Biaya bahan baku perbulan donat kentang

Rp 5.970.000

(b)   Kebutuhan modal

Biaya investasi




No
Jenis pengeluaran
Satuan
jumlah
Harga satuan (Rp)
Total (Rp)
1.
Kompor + tabung
Buah
1
450.000
450.000
2.
Wajan
buah
2
120.000
240.000
3.
Spatula
buah
2
15.000
15.000
4.
Baskom
Buah
1
20.000
20.000
5.
Regulator gas
buah
1
150.000
150.000
6.
Saringan minyak
buah
2
8.000
16.000
7.
Lampu
buah
4
     10.000
      40.000
8.
Lemari pendingin
Buah
1
2.000.000
2.000.000

Total



2.931.000

Biaya operasional perbulan





Bahan baku
kotak
1500
199.000
5.970.000

Kardus pembungkus
Lembar
1500
500
750.000

Biaya tenaga kerja
Orang
3
   800.000
2.400.000

Biaya listrik
Bulan
1
   150.000
   150.000

Biaya air
Bulan
1
     40.000
     40.000

Sampah
Bulan
1
     20.000
     20.000

Sewa ruko (30 hari)
Bulan
1
1.000.000
1.000.000

Total



10.330.000

Jumlah



13.261.000





(c)    Proyeksi pendapatan dan biaya
no
Item
satuan
jumlah
Harga satuan (Rp)
Total (Rp)
1.
Penjualan





Penjualan donat
Porsi
1500
10.000
15.000.000

Total



15.000.000
2.
Biaya produksi





Bahan baku 30 hari
kotak
1500
199.000
5.970.000

Kardus pembungkus
lembar
1500
500
750.000

Biaya tenaga kerja
orang
3
800.000
2.400.000

Biaya listrik
Bulan
1
150.000
150.000

Biaya Air
Bulan
1
40.000
40.000

Sampah
Bulan
1
20.000
20.000

Sewa ruko (1 bulan )
Bulan
1
1.000.000
1.000.000

Total



10.330.000

Keuntungan



4.670.000


VIII.       PENUTUP
Proposal bisnis ini layak untuk dibiayai karena dari sisi analisis pengembangan usaha serta peningkatan potensi usaha mudah untuk berkembang serta dari prospek keuangan cukup menguntungkan. Harapan saya untuk produk “Donat kentang” adalah supaya produk ini bisa lebih berkembang dan maju. Disamping itu, saya mengharapkan supaya produk makanan ini tidak sepi dari peminat, karena produk ini sangat bagus dan berkualitas.
Semarang, 23 Desember 2016


( SYARIFAH )          


Komentar

Postingan populer dari blog ini

resum studi kebijakan dakwah

laporan observasi BMT